SMK PUTRA BANGSA, KOTA DEPOK – Rapor pendidikan telah menjadi landasan utama bagi perencanaan dan evaluasi sekolah dalam berbagai aspeknya. Melalui Rapor Pendidikan, SMK Putra Bangsa Depok tidak hanya memahami capaian mutu pendidikan, tetapi juga mengidentifikasi potensi perbaikan yang diperlukan.
Rapor Pendidikan SMK Putra Bangsa Depok, sebagai penyempurnaan dari Rapor Mutu, menghadirkan indikator yang terstruktur berdasarkan input, proses, dan output pendidikan. Pentingnya evaluasi ini terlihat dari data yang diambil dari berbagai sumber, termasuk Asesmen Nasional, Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB), Badan Pusat Statistik (BPS), serta sumber-sumber lain yang relevan.
Sekolah ini berkomitmen untuk tidak hanya mengandalkan pengisian data langsung ke instrumen, melainkan mengambil data dari sistem yang sudah ada, mencakup hasil Asesmen Nasional dan data Dapodik. Hal ini memberikan gambaran holistik tentang pencapaian dan tantangan yang dihadapi SMK Putra Bangsa Depok.
Setelah menerima hasil dari Rapor Pendidikan, SMK Putra Bangsa Depok mengambil langkah proaktif dengan melakukan identifikasi, refleksi, dan perbaikan. Dalam kesempatan kali ini, sekolah ini bersama-sama merinci aspek-aspek yang telah berjalan dengan baik, menyoroti kekurangan yang masih ada, dan merumuskan langkah-langkah pembenahan yang perlu segera diambil.
“Kami memandang Rapor Pendidikan sebagai alat yang tidak hanya menunjukkan capaian kami, tetapi juga sebagai panduan untuk terus berkembang. Identifikasi dan refleksi menjadi langkah awal untuk memperkuat sistem pendidikan kami,” ucap Wakil Kepala SMK Putra Bangsa Depokj, Ririn Kusrini.
Melalui pendekatan ini, SMK Putra Bangsa Depok menegaskan komitmen mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, sekolah ini siap menerapkan perbaikan yang dibutuhkan guna mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi. (*)